PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT AKSES SITUS WEB DAN APLIKASI TOKOPEDIA (STUDI KASUS PADA IKLAN TOKOPEDIA X BTS)

Authors

  • Bambang Triputranto
  • Fahmi Nurdiansyah

Keywords:

Celebrity Endorser, Minat Akses

Abstract

Seiring pertambahan penduduk yang menggunakan internet, maka mulai bermunculan berbagai macam situs atau aplikasi jual beli online yang biasa kita kenal sebagai e-commerce. Fenomena petumbuhan jumlah pennguna internet di Indonesia menimbulkan persaingan antar pemasar untuk menarik perhatian masyarakat. Pemasar berlomba-lomba mempromosikan produk dan jasa dengan berbagai cara salah satunya menggunakan celebrity endorser. Dalam melakukan promosi perusahaan menggunakan selebriti karena selebriti dianggap menpunyai daya tarik dan keahlian yang dikagumi oleh banyak orang sehingga dapat menjadi pemikat bagi calon konsumen terhadap produk yang diiklankan. Berdasarkan keingintahuaan mengenai pengaruh celebrity endorser terhadap minat akses situs web dan aplikasi tokopedia (studi kasus pada iklan tokopedia x BTS).

Penelitian  ini  meneliti  96  responden  yang  sudah  melihat  iklan  Tokopedia  x  BTS  dengan menggunakan teknik pengumpulan data kuisioner online yang di sebar di kota Bandung Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorser berpengaruh posifif terhadap minat akses. Besaran pengaruh celebrity endorser uji regresi linier sederhana yang menghasilkan nilai yang positif yaitu 1,083, artinya jika variabel celebrity endorser mengalami kenaikan satu satuan, maka variabel minat akses (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 1,083. Pengaruh variabel X yaitu celebrity endorser dapat menjelaskan variabel Y minat akses sebesar 62,9%, sedangkan sisanya sebesar 37,1% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Downloads

Published

2021-03-15

Issue

Section

Articles