Analisis Pengendalian Inventori Dengan Klasifikasi ABC dan EOQ Pada PT Nissan Motor Distributor Indonesia

  • Darfial Guslan
  • Ibrahim Saputra

Abstract

PT Nissan Motor Distributor Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dalam penjualan suku cadang resmi Nissan. Perusahaan menyimpan berbagai jenis suku cadang resmi Nissan, diantaranya suku cadang yang digunakan pada unit Grand Livina. Permasalahan yang dialami oleh PT Nissan Motor Distributor Indonesia ini adalah mengenai tingkat persediaan yang cukup tinggi terhadap suku cadang yang digunakan pada unit Grand Livina, kondisi seperti ini tentunya menjadi salah satu penyebab pemborosan dalam segi biaya di perusahaan. Masalah tersebut berawal pada penentuan kuantitas pemesanan yang kurang tepat, sehingga menyebabkan pada besarnya total biaya persediaan.


Dalam penelitian ini dilakukan pendekatan dengan menggunakan metode EOQ multi item. Untuk mempermudah penelitian maka dilakukan pengelompokan 1336 suku cadang kedalam tiga kelas berdasarkan klasifikasi ABC untuk mendapatkan suku cadang yang termasuk kedalam kategori kritis, yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan perhitungan rencana kuantitas pemesanan suku cadang yang digunakan pada unit Grand Livina berdasarkan kebijakan perusahaan dan metode usulan.


Dari hasil perhitungan rencana kuantitas pemesanan berdasarkan metode usulan diperoleh jumlah suku cadang yang termasuk kedalam kategori kritis adalah 47,55% dari total jumlah suku cadang dengan penyerapan dana sebesar 79,99% dari total modal persediaan

Published
May 28, 2020
How to Cite
GUSLAN, Darfial; SAPUTRA, Ibrahim. Analisis Pengendalian Inventori Dengan Klasifikasi ABC dan EOQ Pada PT Nissan Motor Distributor Indonesia. Jurnal Logistik Bisnis, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 73-77, may 2020. ISSN 2086-8561. Available at: <https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/logistik/article/view/700>. Date accessed: 04 july 2020. doi: http://dx.doi.org/10.46369/logistik.v10i1.700.