Pengukuran Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Industri Logistik

  • Aditia Sovia Pramudita Politeknik Pos Indonesia

Abstract

PT XYZ Logistics adalah perusahaan yang bergerak dalam pengiriman barang. Dalam layanannya, perusahaan mengalami berbagai keluhan yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan yang berdampak pada loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas dan kepuasan layanan terhadap loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik ordinal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan adalah kualitas layanan pada indikator memberikan informasi/ penjelasan kepada masing-masing pelanggan. Sedangkan variabel kepuasan pelanggan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Upaya yang dapat dilakukan oleh PT XYZ Logistics dalam menjaga loyalitas pelanggan termasuk menciptakan informasi karyawan dan sistem pelatihan

Published
May 28, 2020
How to Cite
PRAMUDITA, Aditia Sovia. Pengukuran Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Industri Logistik. Jurnal Logistik Bisnis, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 15-21, may 2020. ISSN 2086-8561. Available at: <https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/logistik/article/view/691>. Date accessed: 04 july 2020. doi: http://dx.doi.org/10.46369/logistik.v10i1.691.