PENGARUH AKTIVA TETAP DAN MODAL KERJA TERHADAP LABA BERSIH SETELAH PAJAK PENGHASILAN PADA PERUSAHAAN BUMN DIBIDANG PERDAGANGAN (STUDI KASUS PT. PERUSAHAAN PERDAGANGAN INDONESIA (PERSERO), PT . SARINAH (PERSERO) DAN PERUM BULOG) 2012-2016

  • M Rizal Satria
  • Titani An Niza Thamrin

Abstract

Setiap perusahaan pada umumnya didirikan untuk menghasilkan keuntungan yang lebih atas investasi yang telah ditanamkan untuk kelangsungan hidup usaha dan perkembangan perusahaan itu sendiri, dan menghasilkan keuntungan atau laba menjadi perhatian utama dalam setiap perusahaa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktiva tetap dan modal kerja terhadap laba bersih setelah pajak penghasilan perusahaan BUMN dibidang perdagangan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif bersifat asosiatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah primer dengan sampel laporan keuangan tahun 2012-2016. Berdasarkan hasil analisis diperoleh korelasi  sebesar 0,658 hal ini menunjukkan hubungan yang kuat antara variabel independen yaitu aktiva tetap (X1) dan modal kerja (X2) terhadap variabel dependen yaitu laba bersih setelah pajak penghasilan (Y). Hasil uji t statistik menunjukkan bahwa secara parsial aktiva tetap berpengaruh negatif signifikan terhadap laba bersih setelah pajak penghasilan, dan secara parsial modal kerja berpengaruh positif signifikan terhadap laba bersih setelah pajak penghasilan.

Published
Jan 24, 2020
How to Cite
SATRIA, M Rizal; THAMRIN, Titani An Niza. PENGARUH AKTIVA TETAP DAN MODAL KERJA TERHADAP LABA BERSIH SETELAH PAJAK PENGHASILAN PADA PERUSAHAAN BUMN DIBIDANG PERDAGANGAN (STUDI KASUS PT. PERUSAHAAN PERDAGANGAN INDONESIA (PERSERO), PT . SARINAH (PERSERO) DAN PERUM BULOG) 2012-2016. LAND JOURNAL, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 88-96, jan. 2020. ISSN 2716-263X. Available at: <https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/jurnalland/article/view/597>. Date accessed: 08 july 2020.
Section
Articles