PENGARUH REALISASI ANGGARAN BIAYA PRODUKSI DAN REALISASI ANGGARAN PENDAPATAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (GPM) PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA VIII

  • Marismiati Marismiati
  • Rina Zakiyah

Abstract

Realisasi anggaran digunakan untuk menilai baik atau buruknya kinerja keuangan perusahaan. Realisasi anggaran terdiri dari realisasi anggaran biaya produksi dan realisasi anggaran pendapatan. Realisasi anggaran biaya produski dan realisasi anggaran pendapatan berkaitan erat dengan laba perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh realisasi anggaran biaya produksiĀ  dan realisasi anggaran pendapatan terhadap kinerja keuangan perusahaan (GPM) pada PT Perkebunan Nusantara VIII. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan sampel penelitian yaitu RKAP biaya produksi, RKAP pendapatan dan laporan laba rugi untuk masing masing periode 2010-2017. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial realisasi anggaran biaya produksi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan (GPM), dan realisasi anggaran pendapatan mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan (GPM). Kemudian secara simultan realisasi anggaran biaya produksi dan realisasi anggaran pendapatan berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan (GPM) dan didukung dengan nilai koefesien determinasi sebesar 79%.

Published
Jan 24, 2020
How to Cite
MARISMIATI, Marismiati; ZAKIYAH, Rina. PENGARUH REALISASI ANGGARAN BIAYA PRODUKSI DAN REALISASI ANGGARAN PENDAPATAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (GPM) PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA VIII. LAND JOURNAL, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 32-41, jan. 2020. ISSN 2716-263X. Available at: <https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/jurnalland/article/view/592>. Date accessed: 04 july 2020.
Section
Articles