PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH PROVINSI JAWA BARAT

  • Indra Firmansyah
  • Rani Tarida Sinambela

Abstract

Sebuah perusahaan dapat dikatakan berkembang bila perusahaan tersebut dapat menampilkan kinerja terbaik dengan sumber daya manusia yang berkompeten agar dapat bersaing sehat dengan perusahaan. Hal ini dapat dilakukan dengan menciptakan sistem yang baik dengan meningkatkan Sistem Pengendalian Internal terhadap Kualitas Laporan Keuangan yang baik diperlukan demi tercapainya tujuan perusahaan. Sistem Pengendalian Internal sangat dibutuhkan untuk kegiatan pengawasan terhadap sistem akuntansi sehigga pada akhirnya akan menghasilkan informasi yang dibutuhkan perusahaan dalam mengambil keputusan serta mendukung fungsi penyediaan pihak manajemen dan mendukung operasional harian perusahaan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Sistem Pengendalian Internal pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Jawa Barat, dilakukan beberapa metode perhitungan yaitu metode perhitungan analisis data atas tanggapan responden, uji validitas dan reliabilitas, koefisien korelasi Rank Speman, regresi linear sederhana dan korelasi determinasi. hasil penelitian untuk hasil uji regresi linear sederhana adalah Y’ = 2.142 + 0,435X, data koefisien tersebut adalah positif sehingga dapat diartikan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada Sistem Pengendalian Internal terhadap Kualitas Laporan Keuangan.

Published
Jan 24, 2020
How to Cite
FIRMANSYAH, Indra; SINAMBELA, Rani Tarida. PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH PROVINSI JAWA BARAT. LAND JOURNAL, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-15, jan. 2020. ISSN 2716-263X. Available at: <https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/jurnalland/article/view/557>. Date accessed: 08 july 2020.
Section
Articles