PENGARUH RETURN ON ASSET DAN RETURN ON EQUITY TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR WHOLESALE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • MUHAMMAD SATRIA Politeknik Pos Indonesia
  • Dinda Ayu Riffani

DOI:

https://doi.org/10.47491/landjournal.v3i2.2316

Keywords:

Return on Asset, Return on Equity, Pertumbuhan Laba

Abstract

“Dalam dunia perdagangan saat ini banyak sekali perusahaan yang bergerak di bidang manufacture dan perusahaan ritel menjual produk. Sebagian besar pasar ritel mendapatkan produk mereka melalui perusahaan distribusi. Distribusi dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh return on asset dan return on equity terhadap pertumbuhan laba perusahaan sub sektor wholesale. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan data sekunder. Return on asset dan return on equity sebagai variable independen. Pertumbuhan laba sebagai variabledependen. Sampel yang digunakan adalah laporan keuangan tahunan pada tahun 2017 sampai 2019. Adapun alat analisis yang di gunakan Uji Normalitas, Korelasi Product Moment, Korelasi Berganda, Koefisien Determinasi, Uji t, dan Uji F. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan dinyatakan bahwa, return on asset dan return on equity tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba.”

References

Bionda, A. R., & Mahdar, N. M. (2017). Pengaruh Gross Profit Margin, Net Profit Margin, Return on Asset, dan Return on Equity terhadap Pertumbuhan Laba pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 4.”

Harahap, S. S. (2015). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Hery. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Center of Academic Publihsing Center.

Ikhwal, N. (2016). Analisis ROA dan ROE Terhadap Profitabilatas Bank di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan Volume 1, 3.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Munawir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

PSAK. (2015). Tentang Laporan Keuangan - Edisi Revisi. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi keuangan.

Safitri, A. M., & Mukaram. (2018). Pengaruh ROA, ROE, dan NPM Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Riset Bisnis dan Inverstasi, 4.

Published

2022-07-01

Issue

Section

Articles