Deteksi Objek Dan Pengenalan Karakter Plat Nomor Kendaraan Indonesia Menggunakan Metode Convolutional Neural Network (CNN) Berbasis Python

  • Nisa Hanum Harani Politeknik Pos Indonesia
  • Cahyo Prianto Politeknik Pos Indonesia
  • Miftahul Hasanah Politeknik Pos Indonesia

Abstract

Saat ini pengenalan karakter plat nomor kendaraan di Indonesia pada umumnya digunakan pada sistem parkir yang masih dilakukan manual, yaitu dengan masih mencatat karakter pada plat nomor kendaraan oleh petugas. Pengenalan karakter pada plat nomor kendaraan bukan hanya digunakan oleh sistem parkir saja, tetapi bisa juga digunakan pada lalu lintas. Pengenalan karakter plat nomor kendaraan Indonesia merupakan salah satu jenis deep learning karena dapat mengenali berbagai karakter angka dan huruf. Pembuatan sistem pengenalan karakter pada plat nomor kendaraan Indonesia memberikan alternatif pengenalan karakter plat kendaraan menggunakan metode Convolutional Neural Network (CNN) untuk mengenali objek pada gambar selayaknya manusia dengan pembelajaran pada sebuah komputer dengan menggunakan jaringan saraf tiruan. Hasil dari penelitian ini adalah sistem yang sudah ada pada komputer dapat mengenali karakter pada plat nomor kendaraan Indonesia yang sudah kita masukkan. Keseluruhan jumlah class yang kita gunakan pada penelitian tentang pengenalan karakter plat nomor kendaraan Indonesia adalah 37 class yaitu terdiri dari karakter huruf dan angka. Cara kerja dari sistem ini adalah kita memasukkan gambar plat nomor kendaraan Indonesia dengan format datanya JPG pada sistem, kemudian sistem akan mengolah gambar tersebut dan hasilnya akan langsung ditampilkan pada sistem. Sehingga pada saat kita masuk ke tempat parkir, petugas tidak lagi mencatat karakter plat nomor kendaraan secara manual, karena sudah dilakukan oleh sistem. Nantinya sistem ini akan dikembangkan menjadi smart parking yang mana kita tidak perlu lagi untuk men scan barcode karena data kita sudah terdaftar secara otomatis pada sistem.

Published
Aug 21, 2019
How to Cite
HARANI, Nisa Hanum; PRIANTO, Cahyo; HASANAH, Miftahul. Deteksi Objek Dan Pengenalan Karakter Plat Nomor Kendaraan Indonesia Menggunakan Metode Convolutional Neural Network (CNN) Berbasis Python. Jurnal Teknik Informatika, [S.l.], v. 11, n. 3, p. 47-53, aug. 2019. ISSN 1979-8326. Available at: <https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/informatika/article/view/658>. Date accessed: 08 july 2020.