Improve https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/improve <p>Jurnal IMPROVE adalah jurnal Sistem Informasi yang dikelola program studi D3 Manajemen Informatika Politeknik Pos Indonesia. Jurnal Improve memiliki P-ISSN : 1979-8342, terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Maret dan September. Jurnal menerima artikel dari akademisi, ilmuwan, praktisi, dan masyarakat pada umumnya.</p> en-US supono@poltekpos.ac.id (Supono) maniah@poltekpos.ac.id (Maniah) Fri, 24 Sep 2021 00:00:00 +0700 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Sistem Informasi Manajemen Buku Panduan Lab https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/improve/article/view/1717 <p>Manajemen Buku Panduan Lab merupakan pengelolaan data buku panduan Lab, buku panduan yang biasanya digunakan untuk melakukan pengujian pada suatu alat atau perangkat di PT Telkom Indonesia Persero, Tbk Unit IAS dan proses dalam kegiatan manajenem buku ini juga masih sederhana dengan menggunakan Ms.Excel yang dalam pengimputan dan pencarian data masih manual dan membutuhkan waktu. Dengan adanya perancangan Sistem Manajemen Buku Panduan Lab ini merupakan solusi untuk permasalah ini untuk meningkatkan kinerja dalam unit IAS dari permasalahan ini digambarkan dengan UML (Unified Modelling Language) menggunakan metode Prototype dilanjutkan dengan proses bisnis yang sedang berjalan dalam perusahaan digambarkan dengan BPMN dan rancangan data menggunakan class diagram. Dengan hasil Sistem Informasi Manajemen Buku Panduan Lab ini dapat membantu unit IAS dalam manage data buku panduan lab.</p> Elisabet Situmorang, Maniah Maniah, Shiyami Milwandhari Copyright (c) 2022 Improve https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/improve/article/view/1717 Sat, 01 Jan 2022 00:00:00 +0700 Sistem Informasi Manajemen Kiriman Korporat Berbasis Web di Kantor Pos Jepara https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/improve/article/view/1718 <p>Proses manajemen kiriman korporat di Kantor Pos Jepara dilakukan dengan cara yang masih belum efektif, masih banyak terjadinya kehilangan dan kerusakan arsip serta lama dibuatnya tagihan untuk pihak mitra juga jelas merugikan pihak kantor pos. Hal tersebut yang menjadi latar belakang dibuatnya sistem ini untuk mempermudah dan membantu alur proses manajemen kiriman korporat yang ada saat ini. Sistem yang dibuat tersebut memiliki ruang lingkup yang terbatas pada proses pengelolaan data mitra korporat hingga pengelolaan laporan. Berdasarkan hasil analisis pada proses yang sedang berjalan saat ini terdapat 4(empat) kegiatan utama yaitu kelola PKS, kelola backsheet, kelola tagihan dan pembayaran dan kelola laporan. Dari hasil analisis yang didapat maka didapatkan kebutuhan system dengan fungsional system yaitu kelola user, kelola mitra korporat, kelola PKS, kelola piutang, kelola tagihan, kelola pembayaran dan kelola laporan. Hasil dari Sistem Informasi Manajemen Kiriman Korporat Berbasis Web di Kantor Pos Jepara adalah sistem yang memiliki fitur untuk pengolahan data yang berkaitan dengan manajemen kiriman korporat hingga menjadi sebuah laporan yang memudahkan para penggunanya yaitu KKP (Kepala Kantor Pos), AE (Account Executive), Kasir, dan pihak Mitra Korporat yang bekerjasama.</p> Shiyami Milwandhari, Dea Noviandita, Supono Supono Copyright (c) 2022 Improve https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/improve/article/view/1718 Sat, 01 Jan 2022 00:00:00 +0700 Sistem Informasi Pemeliharaan Alat Ukur Laboratorium Kalibrasi https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/improve/article/view/1719 <p>Pemeliharaan alat ukur di PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Bandung merupakan hal yang sangat penting dilakukan, karena alat ukur adalah infrastruktur yang merupakan salah satu aset perusahaan sehingga data aset tersebut harus dipertahankan setiap saat untuk menyediakan informasi yang jelas dan memudahkan dalam pengecekan kondisi alat ukur yang ada di laboratorium. Dalam pembangunan sistem ini metode pendekatan yang digunakan yaitu berorientasi objek dengan metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah model prototype. Adapun tools pendukung yang digunakan untuk melakukan perancangan sistem informasi pemeliharaan alat ukur laboratorium kalibrasi ini adalah BPMN yang digunakan untuk memodelkan sistem proses bisnis yang sedang berjalan. Dalam perancangan sistem ini tools yang digunakan untuk menggambarkan proses yang akan dirancang dan database sistem yang dirancang adalah UML(Unified Modelling Language). Kemudian pada laporan tugas akhir ini, ruang lingkup hanya diambil sampel untuk laboratorium kalibrasi saja yang ada di PT.Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Direktorat Digital Business Bandung. Hasil akhir dari kegiatan ini yakni berupa laporan rancangan dan aplikasi berbasis web sistem informasi pemeliharaan alat ukur laboratorium kalibrasi. Rancangan sistem informasi yang dibuat diharapkan dapat mempermudah dalam pengelolaan proses pemeliharaan alat ukur yang ada di laboratorium kalibrasi.</p> Nenden Purbasari, Sari Armiati, Virdiandry Putratama Copyright (c) 2022 Improve https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/improve/article/view/1719 Sat, 01 Jan 2022 00:00:00 +0700 Analisis dan Perancangan Sistem ICT (Information Communication & Technology) TOUR https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/improve/article/view/1720 <p>Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah Information and Communication Technologies (ICT) merupakan media bantu untuk melakukan suatu kegiatan seperti mengelolaan ,memproses,mengubah, dan memindahkan informasi. Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memiliki dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.ICT sangat diperlukan diera gelobalisasi ini karena ICT memiliki aspek penggunaan yang efektif dan efesien dalam melakukan suatu kegiatan seperti pengelolaan pendaftaran dalam kegiatan kunjuangan atau tour.Sistem ICT (Information and Communication Technologies) Tour merupakan solusi dalam permasalahan ini digambarkan dengan UML (Unified Modelling Language).Proses bisnis diperusahaan menggunakan diagram BPMN, serta rancangan data dimodelkan dengan class diagram.Sistem ini mampu mengelola pendaftaran,data pengunjung,data jadwal kunjungan dan laporan.</p> Indah Rahayu, M. Ibnu Choldun R, Mubassiran Mubassiran Copyright (c) 2022 Improve https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/improve/article/view/1720 Sat, 01 Jan 2022 00:00:00 +0700 Sistem Informasi Aset https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/improve/article/view/1721 <p>Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya masalah, yaitu: belum dapat mengelola aset data kendaraan di CV. AMIZAN KREATIF. Pada dasarnya aset membutuhkan manajemen yang baik agar lebih mudah untuk ditelusuri. Kebutuhan informasi mengenai data dan informasi suatu aset sangatlah penting guna memperbaiki kinerja atau efisiensi di dalam suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan merancang sistem informasi, sehingga dapat membantu dalam pengelolaan data kendaraan. Dengan ini, penulis memberikan solusi pembuatan dan perancangan sistem informasi aset berbasis website pada pengelolaan data kendaraan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Proptopype. Metode proses pembuatan sistem yang dibuat secara terstruktur dan memiliki beberapa tahap-tahap yang harus dilalui pada pembuatannya, namun jika tahap final dinyatakan bahwa sistem yang telah dibuat belum sempurna atau masih memiliki kekurangan, maka sistem akan dievaluasi kembali dan akan melalui proses dari awal. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pengelolaan data kendaraan yang meliputi, pencatatan pemeliharaan, batas akhir pembayaran pajak kendaraan, dan spesifikasi kendaraan. 2) Kendala yang nampak adalah terbatasnya kemampuan pada sumber daya yang menangani persoalan pengelolaan kendaraan operasional</p> Nurfauziah Rachmi, Virdiandry Putratama, M. Ibnu Choldun R Copyright (c) 2022 Improve https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/improve/article/view/1721 Sat, 01 Jan 2022 00:00:00 +0700 Sistem Informasi Pelayanan Loket di PT. Pos Berbasis Web https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/improve/article/view/1722 <p>PT. Pos adalah perusahaan bank BUMN terbesar di Indonesia yang bergerak dibidang Jasa Logistik dan Layanan Pos. Di PT. Pos ini perlu adanya pengembangan terhadap antrian pelayanannya yang masih kurang efektif dan masih banyak orang yang mengantri dengan merancang sebuah aplikasi Sistem Infromasi pelayanan loket di PT. Pos. Metode analisis serta perancangan yang akan digunakan adalah metode Prototype dengan tujuan untuk mengidentifikasi, mengurai, merancang, dan mengevaluasi sistem yang sedang berjalan dan menghemat wakru dalam pengembangan. Dalam analisis permasalahan yang ada dimulai dari proses bisnis yang sedang berjalan menggunakan Flowmap dan rancangan data yang dimodelkan dengan Class Diagram. Dengan dibuatnya Perancangan Sistem informasi ini diharapkan dapat mempermudah unit pihak perusahaan yang terkait dalam pengambilan keputusan, serta berkembang menjadi yang lebih baik</p> Roby Khoirul Anam, M. Ibnu Choldun R, Supono Supono Copyright (c) 2022 Improve https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/improve/article/view/1722 Sat, 01 Jan 2022 00:00:00 +0700