https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/improve/issue/feed Improve 2024-01-09T06:57:05+07:00 Supono supono@poltekpos.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal IMPROVE adalah jurnal Sistem Informasi yang dikelola program studi D3 Manajemen Informatika Politeknik Pos Indonesia. Jurnal Improve memiliki P-ISSN : 1979-8342, terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Maret dan September. Jurnal menerima artikel dari akademisi, ilmuwan, praktisi, dan masyarakat pada umumnya.</p> https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/improve/article/view/3353 Sistem Informasi Monitoring Pembayaran TASPEN 2023-12-22T05:32:09+07:00 Maniah maniah maniah@ulbi.ac.id Bhaswara Dertiyuga Sentanu bhaswara00@gmail.com Supono Supono supono@ulbi.ac.id <p><span style="font-weight: 400;">PT POS Indonesia merupakan salah satu BUMN tertua yang pada awalnya bergerak dalam pelayanan pos dan giro. Besarnya permintaan layanan ekspedisi dan logistik membuat perusahaan ini berkembang menjadi layanan pengiriman surat, barang dan dokumen berharga dalam berbagai layanan seperti Pos Instan, Pos Ekspress, Pos Kilat hingga kurir internasional seperti EMS. Kantor Cabang Utama (KCU) Bogor 16000 yang berada di Jl. IR H Juanda No. 5 ini berada pada regional V Bandung. KCU Bogor 16000 adalah sebuah bangunan&nbsp; yang sebelumnya merupakan gereja pertama di kota Bogor. Bangunan tersebut diresmikan pada tanggal 13 April 1845. Sesuai dengan fungsinya, gereja ini dimaksudkan sebagai tempat beribadah umat Protestan dan umat Katolik.&nbsp; Pada Kantor Cabang Utama (KCU) Bogor 16000 memiliki layanan pembayaran taspen. Dengan adanya layanan ini nasabah Taspen dapat membayarkan melalui kantor pos menggunakan layanan kiriman uang atau sistem pembayaran lain yang tesedia di kantor pos. Dalam perancangan sistem ini metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah model agile. Adapun tools pendukung yang digunakan untuk melakukan perancangan ini adalah BPMN yang digunakan untuk memodelkan sistem proses bisnis yang sedang berjalan. Dalam perancangan sistem ini tools yang digunakan untuk menggambarkan proses yang akan dirancang dan database sistem yang dirancang adalah Unified Modelling Language (UML). Hasil akhir dari kegiatan ini yakni berupa laporan daftar pelunasan taspen</span></p> 2023-12-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Improve https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/improve/article/view/3354 Sistem Informasi Pengarsipan Dokumentasi Project Berbasis Web 2023-12-22T05:44:59+07:00 Daffa Fauziah daffafauziah9329@gmail.com Mubassiran Mubassiran mubassiran@ulbi.ac.id Virdiandry Putratama virdiandry@ulbi.ac.id <p><span style="font-weight: 400;">PT. ABC merupakan perusahaan yang merupakan penyedia jasa untuk solusi tentang dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi. Dalam hal ini PT. ABC dapat memebrikan pelayanan mengenai permaslaahan teknologi yang tengah dihadapi oleh perusahaan-perusahaan yang telah bekerjasama. Sebagai penyedia jasa tersebut akhirnya banyak project yang diterima oleh PT. ABC sehingga dibutuhkan suatu system informasi yang berguna untuk menyimpan dokumen-dokumen megenai project yang sedang dikerjakan. Dalam perancangan system metode pendekatan yang digunakan yaitu berorientasi terstruktur dengan metode pengembangan system yang digunakan adalah model prototype. Dilanjutkan analisis proses bisnis menggunakan Business Process Modelling Notation (BPMN), perancangan aplikasi menggunakan Unified Modelling language (UML). Adapun perangkat lunak yang mendukung perancangan Sistem Informasi Pengarsipan Dokumentasi Project ini adalah Figma, Bizagi Modeler, Enterprise Architect.Hasil akhir dari kegiatan ini adalah laporan perancangan sistem informasi pengarsipan dokumentasi project berbasis web. Dengan adanya sistem informasi ini diharapkan dapat mengatasi permasalahanpengarsipan yang masih belum tersistem.</span></p> 2023-12-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Improve https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/improve/article/view/3355 Sistem Informasi Monitoring Project Berbasis Website (SIMO) 2023-12-22T05:54:42+07:00 Gracecya Selfia Purba purbaselvia742@gmail.com Virdiandry Putratama virdiandry@ulbi.ac.id Muh Ibnu Choldun muhammadibnucholdun@ulbi.ac.id <p><span style="font-weight: 400;">Setiap laporan perkembangan proyek merupakan hal yang penting, sehingga PT. Swamedia Informatika membutuhkan sebuah rancangan sistem informasi monitoring&nbsp; dimana pihak perusahaan dapat memperoleh informasi lebih cepat.Dalam perancangan sistem ini metode yang digunakan yaitu berorientasi terstruktur dengan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah model Prototype. Tools yang digunakan untuk menganalisa data yang dibutuhkan oleh sistem adalah Bussiness Process Modelling Notation (BPMN) perancangan aplikasi menggunakan Unified Modelling language (UML). Adapun perangkat lunak yang mendukung perancangan Sistem Informasi Monitoring Project ini adalah Figma, Bizagi Modeler, Enterprise Architect, Visio,&nbsp; dan Microsoft Office Word.Hasil akhir dari kegiatan ini adalah laporan perancangan sistem informasi monitoring project. Dengan adanya sistem informasi ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan proses pemonitoringan progress pengerjaan project oleh setiap tim.</span></p> 2023-12-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Improve https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/improve/article/view/3356 Sistem Informasi Monitoring Kegiatan Kunjungan Laporan Penagihan Piutang Mitra Binaan Berbasis Web 2023-12-22T06:06:33+07:00 Okta Agnes Lady Agatha Damanik agathaagnesmnk@gmail.com Supono Supono supono@ulbi.ac.id Virdiandry Putratama virdiandry@ulbi.ac.id <p><span style="font-weight: 400;">Data kegiatan kunjungan monitoring sering menjadi permasalahan karena belum ada suatu sistem yang dapat mengelola data, belum ada sistem dan terbatasnya penyimpanan untuk mengarsip monitoring kegiatan kunjungan laporan penagihan piutang mitra binaan, penyimpanan laporan penagihan yang tidak tertata rapi sehingga proses pencarian dokumen menjadi lambat, masalah tersebut membuat lambatnya kegiatan monitoring laporan penagihan karena masih menggunakan metode semi komputer. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun suatu sistem informasi yang digunakan untuk mempermudah user dalam penyimpanan dan pengelolaan data monitoring penagihan mita binaan PT XYZ, membangun. Membangun suatu sistem yang memiliki kemampuan fitur untuk pengajuan kegiatan kunjungan untuk melihat, dan menerima pengajuan kunjungan, dan membangun suatu sistem yang memiliki kemampuan fiture laporan untuk mempermudah dalam pencarian dokumen laporan.Dalam pengembangan sistem ini metode yang digunakan yaitu berorientasi objek dengan metodologi pengembangan model prototype. Adapun pemodelan analisis sistem yang digunakan untuk melakukan perancangan menggunakan BPMN sebagai alat pemodelannya. Dalam perancangan digambarkan menggunakan pemodelan UML.Hasil Akhir dari kegiatan ini yakni berupa laporan pembangunan aplikasi berbasis web sistem informasi pendokumentasian kegiatan kunjungan monitoring penagihan piutang mitra binaan. Pembangunan sistem informasi yang dibuat diharapkan dapat memudahkan dalam komunikasi yang lebih lagi antara hubungan admin TJSL dan TJSL Daerah sehingga proses kegiatan penagihan piutang bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan lebih banyak informasi yang dapat tertampung dan tersampaikan pada saat dilakukan kegiatan monitoring.</span></p> 2023-12-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Improve https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/improve/article/view/3357 Implementasi M-Knows Consulting Credit Management 2023-12-22T06:20:52+07:00 Achmad Rizky Ade Saputra rizkyade378@gmail.com Muh Ibnu Choldun muhammadibnucholdun@ulbi.ac.id Virdiandry Putratama virdiandry@ulbi.ac.id <p><span style="font-weight: 400;">M-Knows Consulting Credit Management Project adalah sebuah sistem yang dirancang untuk membantu perusahaan konsultan keuangan dalam mengelola kreditur dan memastikan kelayakan tujuan dari calon kreditur. Sistem ini dibantu menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk memproses data kreditur dan memberikan rekomendasi kelayakan berdasarkan variabel input yang telah ditentukan. Selain itu, sistem ini juga dilengkapi dengan fitur pengelolaan data, pemantauan kinerja kreditur, serta laporan keuangan secara real-time. Dengan adanya Credit Management System, diharapkan perusahaan konsultan keuangan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam mengelola kreditur sehingga dapat memberikan keuntungan yang optimal bagi perusahaan maupun kreditur. Maka dari itu perlu adanya sebuah sistem yang dapat membuat laporan kelayakan calon kreditur secara akurat.Dalam perancangan sistem ini, metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan berorientasi objek. Sedangkan metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah model Prototype. Adapun tools pendukung yang digunakan untuk melakukan perancangan Credit Management ini adalah BPMN yang digunakan untuk memodelkan sistem proses bisnis yang sedang berjalan. Dalam perancangan sistem ini tools yang digunakan untuk menggambarkan proses yang akan dirancang dan database sistem yang dirancang adalah Unified Modelling Language (UML).Hasil akhir dari kegiatan ini yakni berupa laporan rancangan M-Knows Consulting Credit Management Sistem. Rancangan sistem informasi yang dibuat diharapkandapat mempermudah dalam pengelolaan laporan kelayakan calon kreditur dalam pengajuan kredit dengan M-Knows Consulting Credit Management System.</span></p> 2023-12-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Improve https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/improve/article/view/3358 Mile App Monitoring Pengiriman dan Pembayaran Cash On Delivery (COD) 2023-12-22T06:29:40+07:00 Muhammad Zaqi Hanif zakymalik23@gmail.com Sari Armiati sari@ulbi.ac.id Muh Ibnu Choldun muhammadibnucholdun@ulbi.ac.id <p><span style="font-weight: 400;">PT. Pos Indonesia adalah salah satu perusahaan BUMN yang bergerak pada pengiriman surat dan barang di seluruh Indonesia, serta menyediakan layanan keuangan seperti penjualan prangko, transfer uang, dan asuransi. PT. Pos Indonesia juga memiliki layanan pengiriman internasional dan bekerja sama dengan mitra bisnis di luar negeri dan memiliki sebuah divisi Pengelolaan Operasi yang memiliki peran Pengelolaan Operasi. Dalam perancangan sistem informasi ini menggunakan metode SDLC. System Development Life Cycle (SDLC) adalah siklus pengembangan system.Pengembangan system teknik (engineering system development). SDLC tersebut berfungsi untuk menggambarkan tahapan-tahapan utama dan Langkah-langkah dari setiap tahapan yang secara garis besar terbagi dalam lima kegiatan utama, yaitu: analisis, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Adapun yang elah dihasilkan suatu rancangan pengembangan sistem monitoring pengiriman COD yang aman melalui penyediaan fitur hak akses serta menampilkan data petugas dan kantor secara detail dan dihasilkan suatu rancangan pengembangan sistem monitoring pengiriman COD yang memiliki fitur pengelolaan laporan serta dihasilkan suatu rancangan pengembangan sistem monitoring pengiriman COD yang miliki tanggal update pengiriman, pembayaran, serta penyetoran dan status pada rincian pengiriman.</span></p> 2023-12-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Improve https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/improve/article/view/3403 Sistem Informasi Monitoring Kinerja Account Executive Dalam Menambah Pelanggan Baru di KCU Pos Bogor 16000 2024-01-09T06:26:27+07:00 Rafi Fadhilah Yunus rafi.fadhilah87@gmail.com Supono Supono supono@ulbi.ac.id Sari Armiati sari@ulbi.ac.id <p><span style="font-weight: 400;">PT. ABC sebagai perusahan yang bergerak di bidang pelayanan jasa, dihadapkan pada tuntutan masyarakat yang menghendaki kualitas yang unggul, jika hal tersebut tidak terpenuhi, maka masyarakat akan beralih pada layanan jasa competitor atau jasa yang sejenis. Pada tingkat persaingan di jasa sektor pos sedemikian tinggi dan semakin ketat. Mengingat petingnya Menitoring Kinerja untuk meningkatkan prestasi kerja karyawan, Maka PT. ABC membutuhkan sistem yang dapat memudahkan manajer penjualan korporat logistik dalam memonitoring kinerja account executive&nbsp;</span></p> <p><span style="font-weight: 400;">Dalam pembangunan sistem ini, metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan berorientasi objek. Sedangkan metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah model Prototype. Adapun tools pendukung yang digunakan untuk melakukan perancangan sistem monitoring ini adalah BPMN yang digunakan untuk memodelkan sistem proses bisnis yang sedang berjalan. Dalam perancangan sistem ini tools yang digunakan untuk menggambarkan proses yang akan dirancang dan database sistem yang dirancang adalah Unified Modelling Language (UML).&nbsp;</span></p> <p><span style="font-weight: 400;">Hasil akhir dari kegiatan ini yakni berupa laporan pembangunan dan aplikasi berbasis web sistem monitoring kinerja account executive dalam menambah pelanggan baru. Pembangunan sistem informasi yang dibuat diharapkan dapat mempermudah dalam memonitoring Kinerja account executive dalam menambah pelanggan baru&nbsp; pada PT. ABC. Sistem informasi monitoring kinerja account executive telah diujikan mengunakan metode balck box dengan teknik boundary value analysis. Hasil pengujian dapat di jadikan masukan untuk memperbaiki aplikas</span></p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Improve https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/improve/article/view/3404 Perancangan Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan Berbasis Web 2024-01-09T06:35:43+07:00 Yehezkiel Mikha Emmanuel Kasih m.mika2826@gmail.com Muh Ibnu Choldun muhammadibnucholdun@ulbi.ac.id <p>Kantor Pos Asia Afrika sebagai perusahan yang bergerak di bidang pelayanan jasa, dihadapkan pada tuntutan masyarakat yang menghendaki kualitas jasa yang unggul, agar Masyarakat semakin tertarik untuk menggunakan jasa Pos. Pada tingkat persaingan di jasa sektor pos sedemikian tinggi dan semakin ketat. Mengingat petingnya mengetahui kinerja para karyawan dan memberikan reward yang sepadan dengan kinerja kernjanya untuk meningkatkan prestasi kerja karyawan, Maka Kantor Pos Asia Afrika membutuhkan sistem yang dapat memudahkan karyawan mengetahui pencapaian yang di dapat karyawan Kantor Pos Asia Afrika. Dalam perancangan sistem ini, metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan berorientasi objek. Sedangkan metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah model Prototype. Adapun tools pendukung yang digunakan untuk melakukan perancangan sistem monitoring ini adalah BPMN yang digunakan untuk memodelkan sistem proses bisnis yang sedang berjalan. Dalam perancangan sistem ini tools yang digunakan untuk menggambarkan proses yang akan dirancang dan database sistem yang dirancang adalah Unified Modelling Language (UML). Hasil akhir dari kegiatan ini yakni berupa laporan rancangan sistem penilaian kinerja karyawan. Rancangan sistem informasi yang dibuat diharapkan dapat mempermudah dalam memantau pencapaian karyawan dan juga memberi imbalan yang setimpal dengan pencapaian karyawan Kantor Pos Asia Afrika</p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Improve https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/improve/article/view/3405 Perancangan Sistem Informasi Pengembangan Aplikasi NIPOS (Modul Pencetakan Resi) Berbasis Web 2024-01-09T06:42:14+07:00 Siti Fatimah fsiti4605@gmail.com Maniah Maniah maniah@ulbi.ac.id Supono Supono supono@ulbi.ac.id <p><span style="font-weight: 400;">Sistem Informasi Nipos sangat diperlukan di PT Pos Indonesia karena pencetakan resi masi terbatas, Jadi sistem informasi ini dibuat agar dapat mempermudah dalam proses pencetakan resi dalam jumlah banyak.</span></p> <p><span style="font-weight: 400;">Dalam perancangan system metode pendekatan yang digunakan yaitu berorientasi terstruktur dengan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah model waterfall. Dilanjutkan analisis proses bisnis menggunakan Business Process Modelling Notation (BPMN), perancangan aplikasi menggunakan Unified Modelling language (UML). Adapun perangkat lunak yang mendukung perancangan Sistem Informasi Nipos ini adalah Figma, Bizagi Modeler, Enterprise Architect.</span></p> <p><span style="font-weight: 400;">Hasil akhir dari kegiatan ini adalah laporan perancangan sistem informasi pengarsipan dokumentasi project berbasis web. Dengan adanya sistem informasi ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan dalam proses pencetakan resi dalam jumlah banyak.</span></p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Improve https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/improve/article/view/3406 Perancangan Sistem Informasi Peminjaman Ruangan Berbasis Web 2024-01-09T06:49:47+07:00 Viki Eka Pratama vikimantep@gmail.com Salsabila Balqis salsabilamt06@gmail.com Muh Ibnu Choldun muhammadibnucholdun@ulbi.ac.id <p>Universitas Logistik dan Bisnis Internasional adalah salah satu perguruan tinggi yang selain melaksanakan kegiatan belajar mengajar juga melakukan beberapa proses Administrasi Umum. Salah satunya adalah proses peminjaman ruangan yang dikelola oleh BAAK. Proses peminjaman ruangan tersebut masih dilakukan secara manual dimana pihak peminjam harus menanyakan terlebih dahulu ke unit BAAK untuk ruangan yang tersedia. Hal itu menyebabkan proses peminjaman ruangan menjadi lambat. Dan juga dalam melakukan proses peminjaman, masih terdapat permasalahan mengenai ketidakjelasan data dari pihak peminjam yang memungkinkan terjadinya bentrok antar jadwal ruangan. Selain itu, tidak adanya laporan secara rinci mengenai peminjaman ruangan. Dalam perancangan sistem ini metode yang digunakan yaitu berorientasi terstruktur dengan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah model prototype. Tools yang digunakan untuk menganalisa data yang dibutuhkan oleh sistem adalah Bussiness Process Modelling Notation (BPMN). Sedangkan tools yang digunakan untuk menjelaskan dan menggambarkan proses perancangan yaitu Data Flow Diagram (DFD). Selain itu, untuk memodelkan kebutuhan data pada sistem digunakan ER-Diagram, Conceptual Data Model (CDM), dan Physical Data Model (PDM). Adapun software pendukung yang digunakan untuk melakukan perancangan sistem informasi peminjaman ruangan berbasis web ini adalah Figma, Bizagi Modeler, Lucidchart, Microsoft Visio, dan Power Designer. Hasil akhir dari kegiatan ini adalah laporan perancangan sistem informasi peminjaman ruangan yang dikelola oleh BAAK Universitak Logistik dan Bisnis Internasional. Dengan adanya sistem informasi ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan ketidakefektifan dalam peminjaman ruangan</p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Improve https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/improve/article/view/3407 Perancangan Sistem Informasi Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Mobile (Balbalan) 2024-01-09T06:57:05+07:00 Shelfa Aulia Putri Lestari shelfaulya@gmail.com Mochamad Rizal Fadlian mrizalfadlian@gmail.com Shiyami Milwandhari shiyamim@gmail.com <p><span style="font-weight: 400;">Dengan berkembangnya zaman, penerapan sistem informasi tidak hanya diterapkan di bidang teknologi informasi dan komunikasi saja, melainkan pada jenis olahraga juga dikendalikan oleh sistem informasi. Sehingga sistem informasi dibentuk sebagai jenis khusus dari proses kerjanya. Inspire Arena adalah salah satu institusi sarana olahraga yang selain memfasilitasi kegiatan olahraga juga melakukan berbagai proses penyewaan yang sistem pemesanan lapangan futsal yang masih dilakukan secara manual. Sistem manual ini agak merepotkan tentunya selain masih harus mendatangi langsung lapangan futsal tersebut juga harus membuka sosial media dan website untuk mendapatkan nomor whatsapp sebagai pengguna baru.Dalam perancangan sistem informasi penyewaan lapangan futsal pada Inspire Arena ini menggunakan metode pengembangan system adalah model prototype. Tools yang digunakan untuk menganalisa data yang dibutuhkan oleh system adalah Bussiness Process Modelling Natation (BPMN). Sedangkan tools yang digunakan untuk menjelaskan dan menggambarkan proses pengembangan yaitu Data Flow Diagram (DFD). Selain itu, untuk memodelkan kebutuhan data pada system digunakan ER-Diagram. Adapun softwere pendukung yang digunakan untuk melakukan perancangan system informasi ini adalah Microsoft Visio, Bizagi Modeler, Power Designer, dan Figma. Hasil akhir dari kegiatan ini adalah laporan perancangan sistem informasi penyewaan lapangan futsal Inspire Arena. Dengan adanya sistem informasi ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan dalam mengefisenkan waktu penyewaan lapangan futsal</span></p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Improve