RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGADAAN MATERIAL PENUGASAN (Studi Kasus : PT. PLN (PERSERO) Pusharlis UWP III)

  • Lina Karlina
  • Virdiandry Putratama
  • Mubassiran Mubassiran

Abstract

Perusahaan umum listrik negara atau PT PLN PT. PLN(Persero) Pusharlis Unit workshop dan Pemeliharaan III Bandung Jawab Barat, merupakan bengkel listrik yang memberikan pelayanan pembuatan dan perbaikan alat-alat listrik yang berfungsi sebagai pemasok material dan alat-alat perlengkapan lainnya bagi kebutuhan PT. PLN (Persero) pusat, baik yang sifatnya produksi langsung maupun yang bersifat perbaikan atau service,sehingga dapat mengurangi biaya pengeluaran. Mengurangi ketergantungan sarana perlengkapan listrik dari pihak luar atau
swasta. Kemudian peranan perusahaan ini adalah menyediakan segala kebutuhan peralatan listrik, pelayanan untuk unitunit usaha dan instalasi di lingkungan PT. PLN(Persero) Pusharlis Unit workshop dan Pemeliharaan III Bandung Jawa Barat berupa pembuatan barang dan revisi peralatan listrik. Pembangunan sistem informasi Monitoring Material Penugasan berbasis web merupakan solusi dalam permasalahan ini digambarkan dengan UML (Unified Modelling Language). Proses bisnis yang sedang berjalan di perusahaan dimodelkan menggunakan diagram BPMN, serta rancangan data dimodelkan dengan class diagram. Sistem ini mampu mengelola data user, data transaksi harian, pembuatan neraca dan pembuatan laporan.

Published
Nov 18, 2019
How to Cite
KARLINA, Lina; PUTRATAMA, Virdiandry; MUBASSIRAN, Mubassiran. RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGADAAN MATERIAL PENUGASAN (Studi Kasus : PT. PLN (PERSERO) Pusharlis UWP III). Improve, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 19-25, nov. 2019. ISSN 1979-8342. Available at: <https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/improve/article/view/749>. Date accessed: 08 july 2020.