PENERAPAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBORS UNTUK MENENTUKAN POLA PENERIMAAN MAHASISWA BARU (Studi Kasus: Politeknik Pos Indonesia)

  • Mubassiran Mubassiran
  • Muhammad Ibnu Choldun

Abstract

Penerimaan mahasiswa baru (PMB) adalah proses penyaringan calon mahasiswa yang diterima pada suatu perguruan tinggi. Mengidentifikasi pola dari PMB dapat memberikan informasi yang bermanfaat baik kepada perguruan tinggi dalam hal ini program studi atau calon mahasiswa yang mendaftar pada suatu program studi. Penentuan pola tersebut dapat dilakukan dengan model klasifikasi, model klasifikasi dibuat dengan cara
menganalisis training data, model yang dihasilkan nantinya dapat digunakan untuk memprediksi kelas dari unknown data. Model klasifikasi dapat digambarkan dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah dengan menggunakan k-Nearest Neighbors. Dalam penelitian ini akan dibahas model klasifikasi menggunakan k-Nearest Neighbors untuk penentuan pola dari data PMB dengan mengacu pada parameter atribut yang digunakan pada saat calon mahasiswa tersebut mendaftar dan melaksanakan ujian masuk.

Published
Nov 18, 2019
How to Cite
MUBASSIRAN, Mubassiran; CHOLDUN, Muhammad Ibnu. PENERAPAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBORS UNTUK MENENTUKAN POLA PENERIMAAN MAHASISWA BARU (Studi Kasus: Politeknik Pos Indonesia). Improve, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 1-6, nov. 2019. ISSN 1979-8342. Available at: <https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/improve/article/view/746>. Date accessed: 08 july 2020.