Pengaruh Rasio Leverage, Likuiditas, Profitabilitas Terhadap Kualitas Laba Perusahaan Makanan Minuman BEI

  • Nur Salma
  • Tiara Januar Riska

Abstract

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor penting dalam perekonomian Indonesia. Peluang untuk menanamkan investasi pada sektor makanan dan minuman ini sangat menjanjikan, karena pasar masih terbuka lebar dengan jumlah penduduk yang besar pula. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh rasio leverage, rasio likuiditas dan rasio profitabilitas terhadap kualitas laba. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel terikat adalah kualitas laba (Y), sedangkan variabel bebas yang digunakan yaitu rasio leverage (X1), rasio likuiditas (X2) dan rasio profitabilitas (X2). Populasi dalam penilitian ini adalah seluruh perusahaan makanan dan minuman BEI periode tahun 2014-2018 yang berjumlah 18 perusahaan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 12 perusahaan yang dijadikan sampel. Pengujian dan analisis data dalam penilitian ini menggunakan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas dan uji autokolerasi), regresi linier berganda, koefisien determinasi (r2) dan uji hipotesis (uji simultan (f) dan uji parsial (t)) dengan program SPSS 23. Hasil pengujian data menunjukkan bahwa secara simultan rasio leverage, rasio likuiditas dan rasio profitabilitas berpengaruh terhadap kualitas laba. Sedangkan pengujian secara parsial rasio leverage dan rasio profitabilitas berpengaruh terhadap kualitas laba, sedangkan likuiditas tidak berpengaruh terhadap kualitas laba perusahaan makanan dan minuman BEI.

Published
Jan 19, 2020
How to Cite
SALMA, Nur; RISKA, Tiara Januar. Pengaruh Rasio Leverage, Likuiditas, Profitabilitas Terhadap Kualitas Laba Perusahaan Makanan Minuman BEI. Competitive, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 84-95, jan. 2020. ISSN 0216-2539. Available at: <https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/competitive/article/view/622>. Date accessed: 31 may 2020. doi: http://dx.doi.org/10.36618/competitive.v14i2.622.