Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Freight Forwarding Freight Forwarding Liability Insurance

  • Edi Supardi
  • Noneng Nurjanah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap produk Freight Forwarding Liability Insurance. Freight Forwarding Liability Insurance merupakan asuransi yang wajib dimiliki oleh setiap perusahaan freight forwarding terkait rights, duties and resposnsibilities yang dipersyaratkan oleh Conventions, Undang-undang dan peraturan yang berlaku yang bertujuan untuk menghindari kebangkrutan dan meminimalisir kerugian perusahaan freight forwarding dari tuntutan fihak ke tiga atas kelalaian yang timbul dari aktivitas jasa yang dilakukan oleh perusahaan freight forwarding. 


Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat kepentingan berdasarkan gambaran atau persepsi perusahaan freight forwarding anggota Asosiasi Logistik dan Freight Forwarding Indonesia (ALFI) terhadap Freight Forwarding Liability Insurance dengan menggunakan analisis conjoin. Penelitian ini ditargetkan untuk populasi anggota ALFI sebagai user atau konsumen atau pengguna jasa Freight Forwarding Liability Insurance dengan total data terkumpul sebanyak 54 responden. Hasil penelitian menunjukan faktor Price, Process dan Product merupakan tiga sub variabel penting bagi perusahaan logistic anggota ALFI dalam menentukan keputusan atas pembelian Freight Forwarding Liability Insurance, serta  empat  indikator penting yang harus diperhatikan dalam  perancangan jaminan Produk  Freight Forwarding Liability Insurance  bagi perusahaan logistic anggota ALFI  yaitu meningkatnya Harga jual Jasa perusahaan Freight Forwarding , Harga yang kompetitif, Pembayaran Klaim yang cepat dan mudah serta produk yang dapat dipercaya.

Published
Jan 19, 2020
How to Cite
SUPARDI, Edi; NURJANAH, Noneng. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Freight Forwarding Freight Forwarding Liability Insurance. Competitive, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 45-51, jan. 2020. ISSN 0216-2539. Available at: <https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/competitive/article/view/618>. Date accessed: 31 may 2020. doi: http://dx.doi.org/10.36618/competitive.v14i2.618.