PENGARUH HARGA POKOK PRODUKSI TERHADAP HARGA JUAL MAKANAN TERNAK PADA KOPERASI PETERNAK SAPI BANDUNG UTARA (KPSBU) LEMBANG

  • Surya Ramadhan Noor

Abstract

Salah satu usaha manajemen untuk menjalankan perusahaan dengan efektif dan efieien adalah dengan cara menghasilkan produk berkualitas baik dengan biaya produksi relatif rendah dan harga jual yang wajar di KPSBU Lembang unit makanan ternak.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui harga pokok produksi, mengetahui harga jual dan pengaruh harga pokok produksi terhadap harga jual makanan ternak pada KPSBU Lembang periode 2016-2018.


Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan asosiatif kausal. Jenis data yang digunakan adalah sekunder dengan metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan perhitungan analisis korelasi product moment, analisis regresi linier sederhana, analisis koefisien determinasi dan pengujian hipotesis dengan uji t.


Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, Harga pokok produksi makanan ternak per bulan yang dicapai oleh KPSBU Lembang selama periode 2016-2018 mengalami fluktuasi. Hal tersebut dikarenakan terjadi kenaikan pada komponen harga pokok produksi terutama komponen biaya bahan baku. Kedua, Harga jual makanan ternak pada KPSBU Lembang selama periode Januari 2016 sampai dengan Februari 2017 jumlahnya tetap yaitu sebesar Rp. 2.500 kemudian naik menjadi Rp. 3.000 yaitu pada bulan Maret 2017 sampai dengan Desember 2018. Hal tersebut dikarenakan penyesuaian dengan peningkatan harga pokok produksi. Ketiga, Berdasarkan hasil uji hipotesis uji t, didapati kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Harga Pokok Produksi (X) terhadap Harga Jual (Y) makanan ternak pada KPSBU Lembang periode Januari 2016 sampai dengan Desember .

Published
May 1, 2020
How to Cite
NOOR, Surya Ramadhan. PENGARUH HARGA POKOK PRODUKSI TERHADAP HARGA JUAL MAKANAN TERNAK PADA KOPERASI PETERNAK SAPI BANDUNG UTARA (KPSBU) LEMBANG. Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 13, n. 01, p. 1- 16, may 2020. ISSN 1979-8334. Available at: <https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/753>. Date accessed: 13 july 2020.